05 Mei, 2008

Elu Mau Gua Antar!

Kalau di Indonesia, terutama di Jakarta, istilah untuk bisnis yang "apa saja", nyebutnya adalah LMGA (Lu Mau Gua Ada), maka di amrik sini singkatannya sama, hanya artinya beda, yaitu menjadi Lu Mau Gua Antar!

Tadinya saya juga heran, waktu datang, walaupun Durham ini adalah kota kecil, tapi kok banyak banget truk-truk boks yang lalu lalang, baik ukuran kecil segede kijang maupun truk yang gedi banget pembawa kontener. O ini to amerika, segala bisa diangkut.

Seperti biasa saya agak coba-coba aja sifatnya. Pertama, melanggan majalah. Gak usahlah kita mencari agen koran. Cukup beli satu majalah, pasti di dalamnya banyak kupon langganan majalah dengan diskon yang gede banget. Misalnya majalah Parenting yang sangat terkenal, yang dilanggan istri saya, harga bandrolnya $3, tapi kalo langganan lewat pos sebijinya cuman $1. Aneh bukan? Kita tinggal tunggu di rumah, itu majalah dateng sendiri, malah dengan harga yang hanya sepertiganya (tapi harus melanggan setahun).

Terus yang saya heran bukan main adalah majalah Sports Illustraed. Kalau Anda penggemar olahraga, pasti tahu bahwa majalah mingguan ini fotonya terkenal keren-keren, misalnya mengenai NBA atau futbol. Pokoknya t.o.p.b.g.t. deh! Coba tebak berapa harganya? kalo ngecer harganya $ 2,99 per eksemplar. Kalau langganan? Jangan kaget, untuk langganan setengah tahun (enam bulan, alias 26 eksemplar), saya hanya perlu bayar $5. Asli lima dolar aja untuk 6 bulan! Bayangin berapa harga per unitnya! Saya sendiri yang sudah bertahun-tahun belajar keuangan, gak ngerti hitung-hitungan ekonomisnya, misalnya untuk biaya kertas dan juga biaya pengiriman posnya!

Lama-lama setelah tahu bahwa sistem delivery ini aman, mulai deh saya coba-coba beli. Pertama beli komputer desktop. E, barang nyampe lancar, gak sampai dua minggu. Berikutnya beli kamera dan lensa-lensanya juga lancar! Lama-lama segala barang yang bisa diliat di internet dan pingin beli, belinya juga delivery, misalnya parfum, tas, atau mainan anak.

Tentu saja, ngikutin gaya amrik, saya juga pesen makanan lewat telpon: pizza, ayam goreng, makanan china, makanan jepang. Pokoknya nggaya deh! Norak banget, ya?

Selain murah dan cepat, delivery ini juga aman. Terbukti, segala pembayaran lewat cek, mulai dari listrik, telepon, kartu kredit, sewa apartemen, dilakukan dengan memasukkan cek tersebut ke amplop, kasih prangko $33 sen, sampai deh dengan selamet ke alamat yang dituju tanpa takut dientit sama pak posnya! Bahkan STNK mobil, paspor (untuk anak saya), akte kelahiran, tiket dst nya pun semua dikirim liwat pos, dan gak ada yang hilang di tengah jalan.

Benar-benar negeri yang efisien!

Tidak ada komentar: