14 Mei, 2008

Yang Murah, Yang Mahal...

Saya paling mangkel kalo ketemu sama orang Jepang atau Korea. Bukan karena mereka sombong --bahkan mereka orang yang ramah banget, hanya jarang ngobrol karena keterbatasan bahasa-- tapi karena secara gak sadar mereka membuat saya seakan berasal dari negeri yang miskin banget!

Misalnya, pada suatu hari salah seorang Jepang, sebut saja namanya Akiko, bilang: wah, baju di sini murah-murah ya! Saya jawab: kenapa? Jawabnya: lha ini, masak jaket sebagus gini cuman $65 harganya? Gedubrak!! Jaket $65 dibilang murah? Asem! Lha bagi saya itu kan nyaris 650 ribu rupiah! Hm, baju jaket yang sekualitas itu buatan Bandung palingan cuman 150 rbu perak! Tak usye ye!

Atau suatu hari temen Korea saya bilang: yuk, kita main golf di sini, biayanya murah. Ketika saya tanya berapa, dia jawab sekali main $30. Weleh-weleh, murah kok $30. Bisa nangis dia kalo saya ceritain berapa tunjangan beasiswa saya selama sebulan! Alhasil, sama si Korea itu akhirnya saya main tenis saja. Lapangannya gratis, bolanya awet!

Saya juga paling 'kesel' kalo jalan-jalan di toko suvenir universitas. Memang harus diakui bahwa barang-barang yang dijual di sana memang cakep-cakep. Kaos, topi, baju anak, bolpen, perlengkapan olahraga, buku-buku yang semuanya membuat ngiler, harganya juga nauzubillah! Misalnya kaos basket Duke (termasuk tim basket yang legendaris di amrik sini), harganya bisa mencapai $90! Celana pendeknya cuma $30 saja. Terus jam tangan sekitar $200. Bahkan potongan lapangan basket pun dijual, kalo gak salah yang segede batu bata harganya $90. Hm, ngapain juga beli potongan lantai lapangan!

Yang paling bikin gemes istri saya adalah kaos anak-anak. Memang lucu sih, tapi harganya sama sekali tidak lucu: satu pasang kaos dan celana $60 saja. Padahal paling juga cuman dipake 3 bulan, wong pasti cepat kekecilan! Yang murah sih ada, misalnya gantungan kunci (ya iyalah!), magnet kulkas (terang aja wong buatan Cina!) dan barang-barang yang kecil lainnya.

Alhasil, kalo saya sudah ngiler pingin beli kaos-kaos maut tersebut, terpaksa saya nungguin kalo lagi sale. Biasanya sih pas winter. Saat orang lain gak ada yang beli kaos tangan pendek (meraka pada beli sweater yang sialnya keren-keren juga, harganya sekitar $80), saya beli kaos pendek. Bukan untuk dipake tentunya (karena kan dingin banget), tapi untuk pameran kalo udah pulang ke Indonesah. Lumayan, dapat korting sampai 50%!

Taktik mencari korting memang harus dilakukan kalo mau ngirit. Soalnya kalo pas korting memang harga diturunkan gila-gilaan. Misalnya menjelang musim dingin, kaos-kaos tangan pendek yang harganya sekitar $20 sebiji, bisa didapatkan dengan harga $5 saja. Giliran musim panas, jaket-jaket dijual banting harga. Saya pernah ngincer sebuah jaket kulit domba, tapi harganya kemahalan. Jaket itu mulai nongol pas winter, harganya $120. Hm, agak mahal! Setiap kali lewat di toko, saya liatin terus sambil ngiler dan berdoa, semoga gak ada yang beli sampai musim berikutnya. Alhamdulillah doa saya terkabul, akhirnya jaket idaman tersebut dapat ditebus dengan harga $40 saja, setelah nunggu kira-kira 4 bulan sejak nongol di toko. Orang sabar disayang Tuhan!

Tidak ada komentar: