18 Maret, 2008

Kesan Pertama Begitu Menggoda...

Setelah masalah akomodasi selesai, sampailah kita ke pokok masalah: Hari pertama di sekolah!

Rasanya persis kayak mau masuk sekolah baru. Inget waktu kita mau masuk SD? Gedung sekolah baru, temen baru, temen sebangku yang sebelumnya gak kenal, terus guru-gurunya...
Nah, walaupun umur sudah 30tahun+ percayalah rasanya masih tetap sama: agak grogi-grogi dikit, sedikit pucat+agak kedinginan karena sudah masuk musim gugur.

Setelah naik jemputan yang gratis dari apartemen (akhirnya ada juga sisi baiknya apartemen sederhana sehat ini--baca postingan di bawah), sampailah saya di gedung kuliahnya. Sekedar background information: Saya kuliah di Duke University, fakultasnya namanya Terry Sanford Institute of Public Policy, jurusannya Program in International Development Policy (PIDP). Kesan pertama gedungnya cukup cantik dengan gaya yang belakangan saya tahu namanya gaya gothic. Walaupun ini bangunan baru tapi gayanya disesuaikan dengan gaya secara umum di Duke, yaitu gothic (bahkan Duke sering secara narsis disebut para penghuninya sebagai gothic wonderland).

Setelah lirik sana lirik sini ternyata semua bangunan bergaya sama. Di waktu kosong saya sengaja berkeliling ke kampus yang luasnya nauzubillahimindalik! Kampus terbagi dua yaitu West Campus (untuk S2 dst) dan East Campus (untuk S1). Bahkan saking besarnya, untuk pergi ke east campus, harus naik bis kompleks.

Belakangan saya baru mengetahui bahwa memang kampus di amrik sini besar-besar, apalagi kampus yang sudah tua macam Duke, Harvard, MIT. Besar bukan hanya karena jurusannya banyak, tapi juga karena universitas harus membangun asrama (dormitory, disingkat dorm) baik untuk S1 (terutama), maupun S2.

Perihal fakultas pun rupanya beda sistem sama di kita. Mereka menyebutnya school of .. atau institute..., dan bukan menyebut faculty. Jadi kalau fakultas kedokteran disebutnya medical school, terus ada juga school of environmental study dsb. Juga kadang kala disertai nama orang tertentu sebagai pendiri atau sebagai orang yang dihormati. Misalnya di Duke ada Terry Sanford Institute of Public Policy (artinya fakultas ini digagas oleh pak Sanford--entah dia ini siapa). Kemudian ada lagi Fuqua School of Business, ini artinya jurusan MBA didirikan oleh Pak Fuqua ini. Di Harvard ada John F Kennedy School of Government, berarti ini adalah sekolah jurusan pemerintah di Harvard yang didirikan untuk menghormati JFK. Bahkan kadang-kadang nama fakultasnya lebih terkenal daripada nama universitasnya, misalnya Wharton Business School lebih terkenal dibanding universitas yang menaunginya yaitu Pennsylvania University!

Anda harus hati-hati menyebut kata faculty, karena di sini berarti adalah dosennya atau profesornya. Kalau Anda melihat faculty di suatu jurusan di universitas di amrik, itu bukanlah daftar fakultas yang ada melainkan daftar dosennya!

Kembali ke sekolah, hari pertama memang belum mulai kuliah karena empat hari pertama adalah orientasi. Untunglah perploncoan di sini gak seperti di Indonesia yang sebenarnya merupakan pelecehan harkat kemanusiaan. Orientasi di sini berarti pengenalan teman-teman baru, sistem komputerisasi di sekolah, lokasi-lokasi penting seperti perpus dsb, pengenalan dosen, mata kuliah dsb.

Ternyata orientasi yang model begini juga diterapkan untuk mahasiswa S1. Di sini gak ada yang namanya mahasiswa cukur gundul atau mahasiswi disuruh kepang seribu tanpa tujuan yang jelas plus dibentak-bentak. Orientasi S1 malah dimulai sejak sebelum mereka menginjak kampus. Mereka dikirimi beberapa buku untuk dibaca (kebanyakan malah fiksi) untuk nanti didiskusikan waktu orientasi hari pertama. Yang juga penting adalah penegakan integritas (nyontek berarti DO!), tata cara membuat paper dsb.

Kembali ke orientasi, ternyata semua teman-teman adalah bukan orang Amerika! Suatu kabar baik, berarti gak usah minder mengenai bahasa inggris! Kebanyakan adalah dari dunia ketiga atau dua setengah: Mongolia, Rusian, Georgia, Azarbaizan, Kazakstan, India, Honduras. Ada juga dari dunia pertama: Jepang, Inggris. Rata-rata juga sudah agak berumur 30+, sebaya lah kira-kira! Seperti biasa setelah sanang sinawang, ketahuan juga beberapa yang bahasa inggrisnya sebelas-dua belas sama saya: Mongolia, Jepang, Korea (yang ini malah lebih parah, sumpah susah banget dipahami!). Jadi posisi aman!

Begitulah kira-kira. Hari-hari orientasi berjalan dengan lancar! Siap menyongsong hari-hari berikut!

Tidak ada komentar: