16 Maret, 2008

Tanggal-tanggal Penting

Setidak-tidaknya ada empat tanggal penting menyangkut perkuliahan di Amrik sini: tanggal pengumuman diterima, tanggal berangkat, dan tanggal pulang. Eh, salah. Berarti ada tiga tanggal!

Baiklah mungkin perlu dikemukakan background information-nya: Saya adalah seorang pegawai negeri di Departemen Keuangan. Tepatnya di Direktorat Jenderal Pajak. Kebetulan, atau enaknya, di DepKeu ini ada banyak kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke mancanegara (salah satu rahasia kecil saya kenapa saya masuk STAN: karena waktu kelas dua SMA saya mendengar dari sorang sepupu saya bahwa lulusan STAN bisa mendapatkan kesempatan belajar di luneg secara gratis--sebuah kenyataan yang terbukti 15 tahun kemudian (kelas 2 tahun 1986 dikurangi tahun berangkat 2001)). Nah, keberangkatan saya adalah lewat jalur BPPK (Badan Pendidikan den Pelatihan Keuangan) yang mendapat 'bantuan' (alias utang) dari ADB. Nah, yang menentukan ikut nggaknya ya si BPPK itu. Tanggalnya lupa tapi pokoknya terjadi sekitar tiga hari sebelum saya diunduh mantu (nah, tanggal marriednya saya ya tentu saya inget, yaitu 1 Agustus 2000). Jadi pas saya mau pulang ke Jawa untuk diunduh mantu itulah saya dapat pengumuman bahwa saya lulus! Jadi siangnya saya disalamin ratusan orang, sorenya langsung ke bandara dan malamnya langsung masuk asrama buat pre-daperture training! Itulah tanggal penting pertama!

Nah, tanggal yang kedua, saya inget bener, yaitu tanggal keberangkatan ke amrik, 16 Agustus 2001. Kenapa inget, ya karena besoknya tanggal 17 Agustus!

Tanggal terakhir, ya tentu saja tanggal pulangnya. Tepatnya adalah 13 Mei 2003. Saya inget bener: 2 hari setelah wisuda. Berangkat berdua, pulang bertiga karena adanya si junior yang mbrojol di sana!

Nah, yang penting adalah yang terjadi antara tanggal 16 Agustus itu dengan 13 Mei. Apakah benar salju itu bagus? Apakah bener orang item itu sangar-sangar? Bagaimana pula punya anak yang lahir di sana? Apakah sekolah di amrik itu susah? Ikuti terus postingan saya berikutnya!